Minggu, 18 April 2010

Jeans

Apa yang terfikir jika saya sebutkan kata "Jeans"? di benak saya langsung terlintas celana. tapi darimana jeans berasal? Jeans berasal dari Bahasa Perancis, bleu de genes, yang berarti Genoa berwarna biru. Genoa sendiri berarti "Genoa" kota yang memproduksi celana denim di Italia, yang sebetulnya berasal dari Nimes di Perancis. Denim sendiri adalah bahan pembuat Jeans.


Sejak ditemukan di abad ke18, Jeans bener2 gak ada matinya. Percaya atau tidak Celana yang tadinya dibuat untuk pelaut ini sekarang dipakai oleh orang diseluruh dunia, termasuk kita yang sekarang hidup di tahun 2010 ini. Jeans terkenal karena enak dipakai dan bisa jarang dicuci.. :)

Jeans pertama konon dibuat untuk angkatan laut italia yang disebut Genoese. Jeans dianggap memenuhi semua persyaratan untuk dijadikan celana pelaut, selain enak dipakai celana itu juga harus bisa dipakai saat basah dan kering. sehingga mempermudah pekerjaan mereka saat mengepel dek kapal.
Jeans belel saat ini yang terbilang keren ternyata ada asal muasalnya.. :) Saat itu, pelaut mencuci jeans dengan cara menyeretnya dng jaring di belakang kapal. seperti yang sering kita lihat di acara2 petualangan TV. karena terpapar air laut dan matahari membuat warna jeans tersebut memudar dan menjadi lebih putih ataupun lebih lembut bahannya, untuk beberapa orang jeans ini dinilai keren.

Mengapa ada paku di saku Jeans? ternyata benda itu mampir si saku jeans bukan karena disengaja. konon, saat dibuat Di Amerika, disana kedatangan jeans dimulai di tahun 1872, dengan kehadiran Levi Strauss, seorang pengusaha sukses yang kemudian diajak kerjasama oleh Jacob Davis, seorang penjahit asal Reno, Nevada. Ide dari Jacob adalah memakaikan paku supaya saku Jeans tidak mudah lepas. Ide ini berhasil tapi dia tidak punya cukup uang untuk mematenkannya, karena itu Jacob menghubungi Levi Strauss dan menawarkan ide ini kepadanya dengan bayaran yang sesuai, Levi pun menyetujuinya. maka jadilah benda yang menambahkan kekuatan sebuah celana dengan menambahkan kancing logam.

Selama perang dunia kedua, produksi Jeans berkurang, pasalnya tentara2 perang dan pelaut saat itu sedang tidak bertugas. Lucunya saat itu jugalah Jeans terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia, hingga seusai perang bermunculanlah perusahaan produsen Jeans yg ingin menyaingi ketenaran Levi's yang memperkenalkan celana ini keseluruh dunia seperti Lee dan Wrangler yang kemudian menjadi pesaing Levi's.